Wednesday, March 24, 2010

MENGELOLA WAKTU

Mengelola waktu adalah hal yang penting untuk mencapai hidup maksimal. Seperti bagian – bagian lain kehidupan yang juga harus dikelola. Dalam pengelolaan 24 jam inilah keberhasilan seseorang untuk mencapai hidup maksimal ditentukan. Kegagalan mengelola ke 24 jam setiap hari akan menjadikan setiap tujuan yang dimiliki akan semakin jauh dari pencapaian.

Dua prinsip mengelola waktu :
1. Menggunakan waktu untuk hal – hal yang kamu hargai
2. Menggunakan waktu untuk hal – hal yang membantumu mencapai tujuan, visi, atau mimpimu.

Dari kedua prinsip inilah, pengelolaan waktu dilahirkan. Karena itu, sebagai pemimpin muda yang hidupnya ingin maksimal, kelolalah waktu dengan kedua prinsip diatas. Namun jangan lupa, dalam mengelola waktu, kamu juga memerlukan tools (alat bantu).

TOOLS MENGELOLA WAKTU

Sebelum berbicara tentang tools pengelola waktu, kamu perlu mengenal model – model pemimpin muda berdasarkan pengelolaan waktu mereka :

Pemimpin muda penunda
Merupakan tipe pemimpin muda yang suka menunda – nunda pekerjaan, Segala sesuatu dalam hidupnya dilakukan pada menit – menit terakhir. Motto hidupnya adalah last minute. Hidupnya selalu berada dalam tekanan, Tidak mengenal kata perencanaan, Otaknya tidak on apabila keadaan belum menjadi darurat, Sistem belajarnya SKS (Sistem Kebut Semalam), Kebanyakan mereka hidup dalam stress dan kelelahan, Kalau bekerja dalam tim selalu merepotkan orang, Prestasinya rata – rata.

Pemimpin muda pemalas
Merupakan pemimpin muda yang suka menghambur – hamburkan waktunya bagi hal – hal yang sangat tidak penting. Dia tidak pernah memikirkan tujuan hidup, karena ia pasti malas memikirkannya. Dia hanya suka hal – hal yang menyenangkan. Tidak punya kegiatan yang berarti buat hidupnya, sehingga tanggung jawab yang utama diabaikannya. Pola tidurnya agak aneh (Bahkan sperti kalong). Tidak bertanggung jawab. Hidup didalam kemalasan. Tidak akan pernah berhasil. Prestasinya sangat rendah.

Pemimpin muda payah
Merupakan tipe pemimpin anak muda yang suka menyenangkan banyak orang dengan mengorbankan dirinya. Suka mengerjakan hal – hal yang penting bagi orang lain, sehingga hal yang penting badi dirinya tidak dilakukan. Sulit menolak karena takut orang lain tersinggung dan melukai orang lain. Tidak pernah disiplin. Tidak bisa berkata tidak (sering berkompromi. Tidak punya prioritas yang benar.

Pemimpin muda Prioritas
Yang tidak menunda pekerjaan dan penuh tanggung jawab.Dia tidak menyukai kegiatan – kegiatan pengisi waktu luang secara berlebihan, walaupun ia melakukannya. Memiliki prinsip hidup yang jelas, hidupnya terarah sesuai tujuan. Tidak takut konflik. Berani mengedepankan tanggung jawab yang dikerjakannya. Selalu memiliki perencanaan. Dia tidak membeli bensin ketika motornya sudah mogok kehabisan bensin. Dialah The Planner. Hidup seimbang, maksimal, tidak stress dan tidak kelelahan.

Tipe manakah anda???

No comments: