Wednesday, March 24, 2010

Narrowing your Focus

Dari awal Tuhan nyiptain kita, Dia ingin agar kita memiliki hidup yang rrruuaaarrrr biasa! Kenapa? Because we are worshipping the extraordinary God! Masa hidup kita “standard” aja? nGga ada bedanya dong sama yang ngga percaya Tuhan…

Hidup yang luar biasa tentunya ngga bisa kita dapetin dengan hidup ‘ngambang-ngambang’ aja. Because, when we live just to wonder around, we will end up at the place we don’t wanna be!
Hidup yang luar biasa bisa dibangun asal kita punya tujuan dan fokus.
Suka ngga suka, terima ngga terima, semakin dewasa hidup kita pasti tambah complicated. Tapi jangan salahin siapa-siapa! Karena sebagian besar ‘kerumitan’ yang terjadi di hidup kita tuh diakibatkan oleh ketidakmampuan kita dalam me-manage hidup kita. Kita tuh cenderung mencampur segala urusan dalam hidup kita jadi satu. Akibatnya, semuanya jadi ngga maksimal dan amburadul.

Makanya, seperti yang ka Sidney bilang, kita perlu menyempitkan fokus kita. Waktu kita fokus, segala sesuatunya bisa jadi make sense, dan dengan begitu kita bisa nyelesain semuanya itu dengan maksimal.

The key of concentration is elimination. Maksudnya, supaya kita bisa konsen sama hidup kita, ‘cut’ hal-hal yang ngga penting dari hidup kita. Jangan campur aduk semuanya. Mulai pisahin, mana yang penting dan mana yang ngga penting buat sekarang. Fokus : tau bedanya antara yang darurat sama yang penting. Darurat belom tentu penting lohh…

Sebelom kamu mikirin soal pacaran dll, yang paling pertama mesti kamu pikirin tuh tujuan hidup. Kenapa? Yah kalo ngga tau tujuan hidup, hidup kamu bakal sia-sia dan ngga jadi apa-apa dong…
Tujuan hidup itu berkaitan erat sama talent yang kamu punya. Pernah denger ngga sih ada orang yang “born to be a musician” atau “born to be a pastor”. Siapa kita dan apa yang kita lakukan di masa depan itu berkaitan sama talent kita.
Temuin bakat kamu! What do you do best? What flows naturally from you?

Kalo udah nemuin make a deliberate choice on it! Fokus untuk ngejalanin dan kembangin talent kamu. Mulai singkirin deh hal-hal yang akan mengganggu fokus kamu. Yohanes 15:1-8 mengajar kita untuk membedakan,apakah hal yang kita lakukan tuh menyaingi ato menyupport tujuan hidup kita.
So, focus people! You will be amazed by what God can do to you when you live your maximally!

Be blessed!
(based on the sermon by Ps. Sidney Mohede)

No comments: